Sekolah : SMK Pemuda Sumedang
Mata Pelajaran : Motor Bakar
Kelas/ Semester : XI / 1
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2x pertemuan)
Pokok Bahasan : Motor 4 Tak dan 2 Tak serta Sistem Pengapian Konvensional
Standar Kompetensi : Mengerti Dan Memahami tentang Motor Bakar dan Sistem Pengapian Konvensional
Analyze Learner
Peserta : Murid kelas XI semester 1 SMK Pemuda Sumedang
Prasyarat :
1. Siswa sudah mempunyai buku panduan dan job sheet
2. Siswa telah menyelesaikan mata pelajaran sebelumnya
Gaya belajar: Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas dalam kegiatan Belajarnya.
States Objectives
Tujuan Pembelajaran: Siswa diharapkan mampu mengetahui dan memahami tetang sistem pengapian konvensional. Siswa mampu mejnunkan sikap cermat dalam menganalisis cara kerja sistem pengapian. Siswa diharapkan mengetahui cara memperbaiki atau memelihara sistem pengapian konvensional
Select Methods, Media and Materials
Model dan metode pembelajaran
Media : Laptop, LCD, White board, Spidol
Bahan ajar : buku paket, modul (LKS)
Model Pembelajaran : Model pembelajaran langsung, dan kooperatif
Metode : Diskusi, tanya jawab, tugas belajar
Utilize Media and Materials
Preview the materials
Guru mempersiapkan materi ajar dan mengecek kembali file presentasi yang akan diajarkan sesuai dengan urutan serta yakin bahan-bahan tayangan telah lengkap.
Prepare the materials
Mempersiapkan file presentasi dan bahan diskusi siswa
Prepare environment
Mengecek seluruh peralatan yang ada dikelas dan di workshop sebelum memulai KBM, sesuai dengan kebutuhan selama KBM.
Memberitahukan kepada petugas piket tentang adanya diskusi kelompok dan mendiskusikan penataan ruangnya.
Prepare the learners
Memberikan rasa nyaman pada peserta dengan pertanyaan ringan sebagai alat untuk memfokuskan perhatian peserta
Menjelaskan tujuan pembelajaran, memberikan hand out, agenda pembelajaran selama KBM
Membuat keseapakatan, pembagian waktu dan proses pembelajaran
Provide learning eksperience
Sesi awal perkenalan
Presentasikan konsep sistem pengapian konvensional
Siswa membaca cara kerja sistem pengapian konvensional
Siswa bisa mempraktikan pemeliharaan dan pemrbaikan sistem pengapian konvensional
Diskusi antar siswa di bawah bimbingan guru
Tugas memahami cara kerja sistem pengapian konvensional
Require Learner Participation
Peserta belajar, diajak berpartisipasi dengan
Menjawab pertanyaan
Komunikasi dua arah
Umpan balik
Menyampaikan pendapat Instruktur/fasilitator
Libatkan peserta dalam pembelajaran
Lakukan komunikasi dua arah
Lakukan upaya umpan balik
Evaluate dan Revise
Penilaian belajar
Penilaian belajar berbentuk : tes obyektif, essay, penugasan (menulis dan memahami sistem pengapain konvensional), menyimpulkan materi pembelajaran
Bahan ajar yang digunakan
Diminta tanggapan siswa tentang bahan ajar yang digunakan guru berupa hand out atau file presentasi
Penilaian program KBM
Siswa diminta untuk mengoreksi kegiatan belajar yang telah dilakukan
0 komentar:
Posting Komentar