Kelompok 1. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

RPP

Sekolah : SMK Pemuda Sumedang
Mata Pelajaran : Motor Bakar
Kelas/ Semester : XI / 1
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2x pertemuan)
Pokok Bahasan : Motor 4 Tak dan 2 Tak serta Sistem Pengapian Konvensional
Standar Kompetensi : Mengerti Dan Memahami tentang Motor Bakar dan Sistem Pengapian Konvensional

Analyze Learner
Peserta : Murid kelas XI semester 1 SMK Pemuda Sumedang
Prasyarat :
1. Siswa sudah mempunyai buku panduan dan job sheet
2. Siswa telah menyelesaikan mata pelajaran sebelumnya
Gaya belajar: Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas dalam kegiatan Belajarnya.

States Objectives
Tujuan Pembelajaran: Siswa diharapkan mampu mengetahui dan memahami tetang sistem pengapian konvensional. Siswa mampu mejnunkan sikap cermat dalam menganalisis cara kerja sistem pengapian. Siswa diharapkan mengetahui cara memperbaiki atau memelihara sistem pengapian konvensional

Select Methods, Media and Materials—
Model dan metode pembelajaran
Media : Laptop, LCD, White board, Spidol
Bahan ajar : buku paket, modul (LKS)
Model Pembelajaran : Model pembelajaran langsung, dan kooperatif
Metode : Diskusi, tanya jawab, tugas belajar

Utilize Media and Materials
Preview the materials
Guru mempersiapkan materi ajar dan mengecek kembali file presentasi yang akan diajarkan sesuai dengan urutan serta yakin bahan-bahan tayangan telah lengkap.

Prepare the materials
Mempersiapkan file presentasi dan bahan diskusi siswa

Prepare environment
—Mengecek seluruh peralatan yang ada dikelas dan di workshop sebelum memulai KBM, sesuai dengan kebutuhan selama KBM.
—Memberitahukan kepada petugas piket tentang adanya diskusi kelompok dan mendiskusikan penataan ruangnya.

Prepare the learners
—Memberikan rasa nyaman pada peserta dengan pertanyaan ringan sebagai alat untuk memfokuskan perhatian peserta
—Menjelaskan tujuan pembelajaran, memberikan hand out, agenda pembelajaran selama KBM
—Membuat keseapakatan, pembagian waktu dan proses pembelajaran
Provide learning eksperience
—Sesi awal perkenalan
—Presentasikan konsep sistem pengapian konvensional
—Siswa membaca cara kerja sistem pengapian konvensional
—Siswa bisa mempraktikan pemeliharaan dan pemrbaikan sistem pengapian konvensional
—Diskusi antar siswa di bawah bimbingan guru
—Tugas memahami cara kerja sistem pengapian konvensional

Require Learner Participation
Peserta belajar, diajak berpartisipasi dengan
—Menjawab pertanyaan
—Komunikasi dua arah
—Umpan balik
—Menyampaikan pendapat Instruktur/fasilitator
—Libatkan peserta dalam pembelajaran
—Lakukan komunikasi dua arah
—Lakukan upaya umpan balik

Evaluate dan Revise
Penilaian belajar
Penilaian belajar berbentuk : tes obyektif, essay, penugasan (menulis dan memahami sistem pengapain konvensional), menyimpulkan materi pembelajaran 
Bahan ajar yang digunakan
Diminta tanggapan siswa tentang bahan ajar yang digunakan guru berupa hand out atau file presentasi
Penilaian program KBM
Siswa diminta untuk mengoreksi kegiatan belajar yang telah dilakukan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar