Kelompok 1. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

Bagian-bagian Mesin Pada Motor Otto

Komponen-komponen yang ada pada motor Otto:


1) Cylinder Block




Fungsi:


Tempat piston bergerak naik & turun untuk mengahsilkan tenaga 

Tipe Silinder Bore:

1. Model basah



2. Model Kering 



2) Cylinder Head





Pada Cylinder Head terdapat:

§ Katup Masuk & buang
§ Saluran udara Masuk & Buang
§ Ruang Bakar
§ Water Jacket
§ Busi 



Macam – macam ruang Bakar

§ Bak mandi / Bath Tube
§ Wedge




§ Hemispherical 


Wedge type combustion chamber 




Hemispherical type combustion chamber 



3) Piston






Bahan Ring piston



Diperkeras menggunakan hard chrome plated 



Ring Oli ada 2 macam 



1. Integral Type 



2. Three piece 


4) Crank Shaft (Poros Engkol)



Fungsi



Merubah gerak turun naik piston menjadi gerak putar 





5) Camp Shaft


Fungsi:


Untuk Membuka & menutup katup sesuai dengan timing yang ditentukan 





6) Connecting Rod


Fungsi:


Untuk menghubungkan piston ke Crankshaft


Meneruskan tenaga dorong piston ke cranksahft 




7) Offset Engine


Fungsi:

Mengurangi gaya kesamping 


Mengurangi adanya getaran & gesekan 

Memperbaiki konsumsi bahan bakar 





8) Flywheel


Fungsi:


Menyimpan tenaga putar ( Gaya Inersia )


Memperhalus aliran tenaga yang keluar dari mesin 

Pada mobil dengan transmisi otomatis Fungsi dari Flyweel ini digantikan oleh Torque Converter 






Flywheel

9) Mekanisme Katup



Pada mesin 4 langkah Cam Shaft akan berputar 1x untuk membuka dan menutup katup sedangkan poros engkol akan berputar 2x 




OHV ( Over Head Valve ) 



Valve Timing






KLIK GAMBAR UNTUK KEMBALI


Pembuat Slide: Yana Billy Santoso (1307135)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar