Komponen-komponen yang ada pada motor Otto:
1) Cylinder Block
Fungsi:
Tempat piston bergerak naik & turun untuk mengahsilkan tenaga
Tipe Silinder Bore:
1. Model basah
2. Model Kering
2) Cylinder Head
Pada Cylinder Head terdapat:
§ Katup Masuk & buang
§ Saluran udara Masuk & Buang
§ Ruang Bakar
§ Water Jacket
§ Busi
Macam – macam ruang Bakar
§ Bak mandi / Bath Tube
§ Wedge
§ Hemispherical
Wedge type combustion chamber
Hemispherical type combustion chamber
3) Piston
Bahan Ring piston
Diperkeras menggunakan hard chrome plated
Ring Oli ada 2 macam
1. Integral Type
2. Three piece
4) Crank Shaft (Poros Engkol)
Fungsi
Merubah gerak turun naik piston menjadi gerak putar
5) Camp Shaft
Fungsi:
Untuk Membuka & menutup katup sesuai dengan timing yang ditentukan
6) Connecting Rod
Fungsi:
Untuk menghubungkan piston ke Crankshaft
Meneruskan tenaga dorong piston ke cranksahft
7) Offset Engine
Fungsi:
Mengurangi gaya kesamping
Mengurangi adanya getaran & gesekan
Memperbaiki konsumsi bahan bakar
8) Flywheel
Fungsi:
Menyimpan tenaga putar ( Gaya Inersia )
Memperhalus aliran tenaga yang keluar dari mesin
Pada mobil dengan transmisi otomatis Fungsi dari Flyweel ini digantikan oleh Torque Converter
9) Mekanisme Katup
Pada mesin 4 langkah Cam Shaft akan berputar 1x untuk membuka dan menutup katup sedangkan poros engkol akan berputar 2x
OHV ( Over Head Valve )
Valve Timing
KLIK GAMBAR UNTUK KEMBALI Pembuat Slide: Yana Billy Santoso (1307135) |
0 komentar:
Posting Komentar